Tokoh Islam, Y

Biografi Yusuf Mansur

Ustadz Yusuf Mansur dilahirkan di Jakarta pada tanggal 19 Desember 1976. Ia adalah seorang pendakwah, penulis buku. Ustadz Yusuf Mansur juga dikenal sebagai pemimpin Pondok Pesantren Daarul Quran Cipondoh Tanggerang. Yusuf Mansur terlahir dari pasangan Abdurrahman Mimbar dan Humrifiah yang sangat memanjakan anaknya itu.

Yusuf Mansur memulai pendidikannya di Madrasah Ibtidaiyah Chairiyah Mansuriyah Jembatan Lima, Jakarta Barat. Madrasah tersebut didirikan oleh Uyutnya yaitu KH. Muhammad Mansur. Yusuf Mansur sangat cerdas dan rajin dalam belajar, dan sejak umur 9 tahun saat menjelang bulan Ramadan ia sering tampil di atas mimbar untuk berpidato. Ia aktif dalam menyampaikan pidato dalam usia yang masih kecil.

Setelah lulus SD / MI, ia melanjutkan sekolahnya di MTs Chairiyah Mansuriyah. MTs Chairiyah Mansuriyah juga dikelola oleh keluarganya yaitu KH Achmadi Muhammad . Yusuf Mansur belajar dengan baik dan mendapatkan juara kelas dan ia lulus MTs pada tahun 1988-1989 dengan predikat siswa terbaik. Setelah itu dia melanjutkan ke Madrasah Aliyah Negeri 1 Grogol. Lulusan Madrasah Aliyah Negeri 1 Grogol, Jakarta Barat, tahun 1992 ini pernah kuliah di Fakultas Hukum, Jurusan Syari’ah di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hal ini tertuang dalam pengantar bukunya “Lukmanul Hakim Mencari Tuhan yang Hilang” yang diungkap oleh Prof. Dr. H. Amin Suma, MA., MH. Namun, berhenti tengah jalan karena lebih suka balapan motor.

Pendiri pesantren Daarul Quran ini menyimpan masa – masa yang pahit sekali, ia merasakan terlilit hutang hingga milyaran saat mengalami kebangkrutan bisnis yang ditekuninya di bidang Informatika. Pada tahun 1998, ia masuk bui dikarenakan cara hidup yang salah. Namun, di penjara inilah ia mendapat hikmah yang sangat besar yaitu ilmu sedekah.

Setelah mengalami masa kelam keluar masuk penjara, ustadz Yusuf Mansur bangkit kembali. Beliau berusaha untuk tidak jatuh ke lubang yang sama, dengan memulai bisnisnya berjualan es di sekitar terminal Kalideres. Karena ketekunan, keuletan serta ilmu sedekah yang diyakininya, bisnis ini terus berkembang, dari yang awalnya menggunakan termos beralih ke gerobak sampai mempunyai banyak anak buah.

Awal sukses dari perjalanan karier ustadz Yusuf Mansur dimulai dari perkenalannya dengan sebuah LSM. Selama di LSM itulah ustadz Yusuf Mansur meluncurkan buku pertamanya yang berjudul Wisata Hati Mencari Tuhan Yang Hilang. Ternyata, buku pertamanya itu mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Dari buku yang diciptakannya, ustadz Yusuf Mansur kebanjiran order bedah buku dan sebagai penceramah agama di berbagai acara. Di setiap ceramahnya ustadz Yusuf Mansur selalu menyisipkan ilmu sedekah dari berbagai keajaiban dan cerita nyata.

Itulah Biografi Ustadz Yusuf Mansur dan kisah hidupnya yang berani bertindak untuk hidupnya, dan ia mampu mengambil hikmah dan pelajaran.

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *