S, Tokoh Politik

Biografi Sandiaga Uno

biografi sandiaga uno

Sandiaga Salahudin Uno atau yang terkenal dengan Sandiaga Uno ini dilahirkan pada tanggal 28 Juni 1969 di Pekanbaru. Sandi Uno adalah seorang pengusaha, ia sering hadir dalam acara seminar – seminar, dan dalam seminarnya dia kerap memberikan pembekalan pengetahuan mengenai Jiwa kewirausahaan. dalam urutan ke -37 dengan keseluruhan kekayaannya yaitu US$ 660 juta.

Sandiaga Salahudin Uno adalah lulusan Amerika Serikat dari Wichita State University dengan predikat summa cum laude. Pada tahun 1990, Sandi Uno bekerja sebagai karyawan Bank Summa. Ia mendapat beasiswa, dan melanjutkan ke George Washington University, Amerika Serikat dan lulus dengan IPK 4,00. Pada tahun 1994, Sandi Uno sebagai manajer investasi sekaligus di MP Holding Limited Group di Seapower Asia Investment Limited di Singapura. Dan pindah ke NTI Resources Ltd Kanada pada tahun 1995 bekerja dan menjabat sebagai Executive Vice President NTI Resources Ltd, namun pada tahun 1997 perusahaan tersebut bangkrut yang disebabkan karena krisis moneter, dan akhirnya ia pulang ke Indonesia.

Dengan berbekal ilmu, ia kembali ke Indonesia dan berpikir untuk menjadi pengusaha. Bersama temannya, pada tahun 1997 Sandi Uno mendirikan perusahaan dalam bidang keuangan, yaitu PT Recapital Advisors. Untuk memulai bisnis, Sandi Uno belajar dari William Soeryadjaya. Pada tahun 1998, ia dan Edwin Soeryadjaya, putra William, mendirikan perusahaan PT Saratoga Investama Sedaya yaitu perusahaan investasi. Bidang usahanya yaitu pertambangan, telekomunikasi, dan produk kehutanan. Cara kerja dari perusahaan itu adalah menghimpun modal investor untuk mengakuisisi perusahaaan – perusahaan yang mengalami masalah keuangan.

Pada tahun 2005 – 2008, Sandi Uno menjadi ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Dan sejak 2004, ia juga menjadi Komite Tetap Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Menurut majalah Asia Globe, Sandi Uno dinobatkan menjadi 122 orang terkaya di Indonesia dengan total aset perusahaan mencapai 80 juta dollar AS. Pada tahun 2008 ia dinobatkan menjadi orang terkaya ke-63 di Indonesia dengan total aset 245 juta dollar AS.

Sandi Uno memulai usahanya karena perusahaan yang dulu ditempati mengalami kebangkrutan. Bersama dengan rekannya, Sandi Uno mendirikan sebuah perusahaan yaitu persahaan yang bergerak dalam bidang keuangan. Dan usaha tersebut sukses. Pada tahun 2009, menurut majalah Forbes Sandi Uno tercatat sebagai orang terkaya dalam urutan ke -29 di Indonesia. Pada tahun 2011, Forbes meliris daftar orang terkaya dan Sandi Uno berada peringkat ke-37 dengan total kekayaan US$ 660 juta
Pada Mei tahun 2011, Sandi Uno memutuskan untuk membeli 51% saham Mandala Airlines. Pada tanggal 16 April 2015, ia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai salah satu direktur PT Adaro Energy Tbk.

Pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Saratoga Investama Sedaya Tbk, tanggal 10 Juni 2015, ia resmi mundur dari jabatannya sebagai Direktur Utama PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG). Lalu ia meninggalkan berbagai jabatan di beberapa perusahaan tersebut karena memiliki tujuan untuk fokus pada tugas barunya sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang dipimpinan oleh Prabowo Subianto. Posisinya di Saratoga digantikan oleh Michael Soeryadjaya.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai pelaku mayoritas ekonomi Indonesia memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas ekonomi Negara. Menurut Sandi Uno ada tiga masalah besar pengelolaan yang dihadapi pelaku UMKM saat ini, yaitu kualitas sumber daya manusia (SDM), akses pasar, dan pendanaan. Sandi Uno menyatakan bahwa sektor UMKM seharusnya ditegaskan kembali sebagai pilar penciptaan lapangan kerja.

Tagged , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *